SIMPLE SPAGHETTI BOLOGNESE MOZARELLA

By Siti Rahmah Nurul Aini - Februari 07, 2018




Hi Sahabat Mamih ..... ❤

Assalamualaikum 


Kayanya udah lama banget aku ga posting di blog aku hehehe oke kali ini aku mau sharing tentang kreasi masakan aku dikala bahan-bahan masakan terbatas di kulkas ☺ awalnya ini aku cuma post di insta story aja tapi berhubung banyak yang dm minta aku share soal cara buatnya, jadi karena foto-fotonya aku screenshoot dari insta story aku jadi mohon maaf ya gengsss bad quality 😁 . Langsung aja yang gengsss aku share bahan - bahan dan cara pembuatnya. 


Bahan - bahan yang perlu disiapkan:

  • Satu setengah gengggam spaghetti La Fonte --> karena untuk porsi 2 orang (brandnya optional terserah ya sesuai selera kalian aja gengs) 
  • Setengah saus bolognese saus La Fonte --> kebetulan ini masih sisa di kulkas jadi dari pada mubazir jadi aku pake ( saran aku better pake pasta tomat) 
  • 1 buah bawang bombay ukuran kecil , kalau ga punya yang kecil pake bawang bombaynya yang besar dan bawang bombaynya 1/2 aja yang digunakan terus di potong dadu ya. 
  • Irisan daun parsley secukupnya (better pake oregano si, berhubung saat itu aku lupa naro oreganonya jadi aku ganti pake parsley, pokoknya yang ada di kulkas aku coba olah sebagai bahan pengganti hahaha 😉)
  • Minyak Zaitun (untuk merebus dan menumis)
  • 3 sdm saus tomat (ini disesuaikan aja kalau yang suka agak asam boleh ditambah saus tomatnya)
  • 7 sdm saus sambal (ini disesuaikan aja kalau yang suka lebih pedas boleh ditambah saus sambalnya)
  • Potongan keju mozarella
  • 250 gram daging giling

Cara merebus spaghetti:

  • Siapkan panci kecil, isi air separuh dari panci biarkan sampai mendidih. Sesudah air mendidih tambahkan 1 sdm minyak zaitun ke dalam panci rebusan lalu masukan spaghetiinya, rebus dengan api kecil dan aduk sedikit dan biarkan spaghettinya matang menjadi Al Dente, setelah matang matikan api lalu tiriskan spaghettinya dan diamkan sejenak.

Cara membuat saus bolognese:


  • Panaskan teflon dengan api kecil, masukan 1 sdm minyak zaitun
  • Tumis bawang bombay sampai harum. 
  • Masukan daging giling, dan tumis hingga daging gilingnya berwarna kecoklatan jangan over cook ya gengs. 



  • Masukan setengah dari saus la fonte bolognese + 3 sdm saus tomat + 7 sdm saus sambal, aduk perlahan (Please note ya gengs kalau sudah pake saus bolognese la fonte, jangan di seasoning lagi dengan garam, gula atau lada, karena ini rasanya sudah pas, tp kalau yang menggunakan pasta tomat boleh kok di seasoning lagi sampai di rasa bumbunya pas di lidah) 
  • Setelah di rasa sudah tercampur rata masukan irisan daun parsley aduk sembentar




  • Masukan spaghetii yangs udah di tiriskan tadi ke dalam telfon, aduk sebentar dan tambahkan potongan keju mozarella






  • Tutup telfon dengan tutup panci or tutup telfon terserah yang penting tertutup hahaha untuk bikin keju mozarellanya meleleh mungkin sekitar 1- 2 menit aja jangan terlalu lama dan ini setelah proses setengah jadi




  • Taraaa ini hasilnya keju mozarellanya meleleh, dan tinggal di plating sesuai selera, di tambah garnish daun parsley lagi juga boleh dan siap di nikmati.



PS : Ini untuk porsi 2 orang yaaa, selamat mencobaaaa gengsss ❤


Best Regards,

Mamih (Nurul) ❤

  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. Mam, mau tanya dong. Kalo misalnya pasta spaghettinya diganti sama macaroni or fusilli apakah ada yg berbeda pada ingredientnya?? Makasih sebelumnya. . .


    Salam,

    Fachri

    BalasHapus